Studykuy – Bagaimana Cara Membuat Form Login dengan PHP dan Mysql Database. tentu kalian yang masih awam dengan dunia pengodingan pasti bingung untuk membuat login dengan baik, baiklah kita langusng saja membuat login php.

Setelah membahas cara koneksi php dengan phpmyadmin atau database, sekarang kita akan membuat login php.

1. Aktifkan Xampp

Xampp

Seperti blog sebelumnya kita harus dan wajib mengaktifkan terlebih dahulu untuk XAMPP nya agar kalian dapat cek dengan tampilan website nya dan kalian bisa melihat login PHP kalian berhasil atau tidak.

2. Buka Text Editor

text editor

Tentu saja kita harus membuka text editor kita juga, kalau tidak di buka kita tulikan di mana scriptnya hehe, disini saya menggunakan Atom yah.

3. Koneksi php untuk membuat login php

Buatkan koneksi ke data basenya dahulu, atau yang sudah mengikuti blog ini masih punya file nya masukkan saja jadi tidak usah membuat filenya kembali.

baca juga : Tutorial Membuat Auto Fill Dengan Perintah Select Dengan PHP

4. Membuat login php

Setelah itu kita buat file baru dengan nama login.php untuk membuat tampilan lebih menarik saya menggunakan css dengan bootstrap, jika teman-teman tertarik kalian bisa download disini.

head html

body html

nah diatas merupakan source code untuk tampilan halaman login, untuk yang di head itu merupakan bagian untuk memanggil file CSS agar tampilan menarik jadi yang melihat tertarik untuk login.

cara membuat form login php

5. login_proses php

Setelah kita membuat login.php maka tentu saja blm selesai gaiss kita akan membuat juga untuk proses loginnya,

Perintahnya : jika button sign in di tekan maka akan beralih ke halaman index dan jika button register now di tekan maka akan beralih ke form register.

Baca Juga : Apa itu website ? pengertian dan jenis-jenis website.

Code diatas merupakan perintah untuk membaca data yang dikirim oleh form pada login php ke database phpmyadmin

Dimana letak kata kunci perintahnya yaitu SELECT nahh dan di awali dengan mysqli_query jadi si sistem akan membaca query yang berada di dalam tabel user

Dan mendeklarasikan nama dan password, kalau tidak salah penjelasannya seperti itu teman-teman, cukup mudah bukan caranya nahh sekarang

Teman-teman coba praktekkan jika ada kesalahan atau tidak bisa running bisa di cek satu persatu kodingannya apakan ada yang terlewatkan karena tanda baca ketinggalanan web tidak akan berjalan.

Banner IDwebhost

loading…

Bagaimana apakah kalian mengalami kesulitan untuk membuat Login PHP nya, jika ada error bisa tinggalkan jejak pada kolom komentar yah.

Selamat mengoding gaisss…


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *