StudyKuy– Salam Semua apakabar baik-baik kan, mari kita lanjutkan part II tutorial PHP dan Mysql : membuat Register PHP dengan MYSQLI

Sebelumnya kita sudah membahas cara membuat login dengan PHP nahh sekarang kita akan lanjut lagi membahas tentang membuat register dengan PHP.

Bagaimana cara membuat form register php dengan mysqli dan terkoneksi dengan database phpmyadmin.

Jika ada login tentu saja harus ada register agar memudahkan pengguna website kalian masuk kedalam web kalian.

Baca Juga : Tutorial PHP Dan MYSQL : Membuat CRUD Dengan PHP Dan MYSQLI

Baiklah langsung saja sebelumnya kita sudah membuat file berikut

Membuat database di PHP Myadmin

Membuat index.php

Membuat proses_login.php

Membuat koneksi.php

Membuat dashboard.php

Lalu apa yang harus kita buat lagi, yaitu register.php dan Proses_register.php

Membuat Register PHP

Langkah pertama membuat register PHP yaitu membuat file register.php tempat kan file tersebut dalam satu folder yang sama dengan file login php yang kalian buat yah, jangan samapi dipisahkan oke.

Lalu tuliskan source code berikut

Kalian sudah menuliskan code diatas ada yang kalian ingin tanyakan? penjelasannya kita akan mengirim atau post inputan data ke reg_porses.php seperti code <form action=”reg_proses.php” method=”post”> kalian liat code ini kan. Kode ini akan mempost data yang diinput kedalam Reg_proses.php maka dari itu mari kita buatkan kembali file baru.

Sedikit penjelasan dari form action ini, yaitu dimana kita akan memanggil fungsi yangkita buat pada file reg_proses.php dan menjalankan fungsinya pada form register.php jadi begini.

kita buat koneksi untuk input data kedalam database dengan membuat file yang dibawah yah gais, maka ketika file register,php melakukan input data maka akan terbaca pada file reg_proses maka data yang diinput akan dieksekusi oleh file reg_proses.php.

Reg_proses.php

Setelah kalian membuat register.php maka yang kita butuhkan kembali untuk membuat register dengan PHP yaitu proses untuk meninput data yang di input di register kedalam database yang sudah kita buat di part I

Baca Juga : Database PHP Cara Mudah Menampilkan Data

Pada Source code diatas merupakan penghubung kita ke database kita dan jangan lupa sambungkan file dengan koneksi yang sudah kita buat dengan menuliskan include “koneksi.php” agar file register dapat menginput data ke database.

Nah disini kita menggunakan $pass = md5($_POST[‘pass’]); md5 pada pass kenapa menggunakan Md5 untuk password? karena password itu bersifat rahasia maka jika kita gunakan untuk publik maka alangkah baiknya menggunakan md5 agar developer pun tidak mengetahui pass tersebut

register php
penggunaan md5 pada website

Pengertian MD5

– Menurut kutipan di wikipedia MD5 adalah salah satu dari serangkaian algortima message digest yang didesain oleh Profesor Ronald Rivest dari MIT (Rivest, 1994). Saat kerja analitik menunjukkan bahwa pendahulu MD5.

Nah begitu kurang lebihnya pengertian MD5

Lalu kita akan membahas lagi code berikut
$id = $_POST[‘user_name’];
$nama = $_POST[‘nama’];
$pass = md5($_POST[‘pass’]);
$email = $_POST[‘email’];

Nah disini kita akan membuat variabel dari yang akan kita post ke dalam database. dan ketika sudah membuat variable diatas kita buatkan perintah untuk input kedalam databasenya dengan menggunakan code $simpan = mysqli_query($koneksi,”INSERT INTO profil (user_name,nama,email,pass) VALUES (‘$id’,’$nama’,’$email’,’$pass’)”);

Kode tersebut memrintahkan untuk input value/nilai yang kita input di website yang akan tersubmit kedalam database kita

Kira-kira seperti itulah cara membuat Register PHP dan Mysqli, apakah kalian ada kendala dalam menjalankan atau membuat source code nya. kalau kalian ada trouble bisa tinggalkan jejak didalam kolom komentar.

Bagaimana cara membuat register php ? bagaimana dengan mengikuti blog ini apakah ilmu kalian bertambah, saya harap bertambah yahh mendapatkan ilmu baru cara membuat register php.

Mari kita lanjut di Membuat Dashboard dengan PHP


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *