StudyKuy – Membuat Website Toko Online #1 Membuat database Relasi dan Triggers ( PHP Native ). Haloo sobat study kuy mari kita ngoding lagi, nah di artikel ini studykuy akan membagi kan ilmu membuat website toko online dengan php native. Kalian ikutin terus artikel-artikel dari studykuy ini maka anda akan mendapatkan sebuah website toko online.

Artikel ini akan membahas sebagai berikut :

  • Membuat database berelasi dan menggunakan triggers.
  • Membuat NAV dengan FLEX BOX.
  • Membuat Slider dengan SLICK.
  • Membuat CARD untuk list barang yang di jual.
  • Menghubungkan ke database.
  • Membuat transaksi dengan menggunakan SESSION PHP.
  • Membuat ID Otomatis.
  • Mengirim Email dengan PHP menggunakan PHP MAILER.
  • Membuat Print Invoice.

Ini lah yang akan kita buat di website toko online ini, apakah kalian tertarik untuk mengikuti tutorial ini. Jika kalian tertarik ikuti terus, tidak akan rugi kok hehe. Jangan lup klik iklan yah hehe.

Oke langsung kita mulai.

Membuat Website Toko Online #1 Membuat database Relasi dan Triggers ( PHP Native )

Membuat database dengan PHPMyAdmin

Awal permulaan dari website yang akan kita buat yaitu buka dulu XAMPP jika kalian sudah mempunyai xampp kalian bisa langusung jalankan XAMPP kalian dengan jalan kan Apache dan MySQL , dan jika yang belum ada kalian bisa download dulu xampp kalian yah.

Buka Xampp
Menjalankan Xampp

Jika kalian sudah membuka Xampp kalian sekarang kalian bisa buka browser kalian, browser apa saja yang kalian punyai dan buka link ini http://localhost/phpmyadmin/index.php, setelah kalian buka maka saatnya kita buatkan untuk database nya.

BACA JUGA

Cara Mudah Membuat Card HTML
Codeigniter4 Tutorial #6: Membuat Pagination dan Search
Choose the Right Loss Insurance

Membuat Table pada database

Setelah itu kalian buatkan database baru disini studykuy membuat database dengan nama db_ecom kalian bisa buat nama database apapun sesuai keinginan kalian. Setelah itu kalian buat 3 buah table di database kalian dengan nama berikut :

  • tb_barang untuk menyimpan stock barang.
  • tb_mamber untuk menyimpan data mamber.
  • tb_pembelian untuk menyimpan data input transaksi.

nama database di atas bisa kalian buat sesuai dengan apa yang kalian inginkan, lalu untuk variabel yang di dalam databasenya kalian bisa ikuti berikut pada gambar dibawah :

isi variable dan type table di database tb_barang
tb_barang
isi variable dan type table di database tb_mamber
tb_mamber
isi variable dan type table di database tb_pembelian
tb_pembelian

Membuat Relasi Table

Kalian bisa mengikuti isi atau variable dan type yang studykuy buat atau kalian punya penamaan sendiri ya itu bebas dari kalian sendiri, Lalu setelah kalian membuat table-table pada database ini kalian jangan lupa kalian buat relasi pada table. Cara nya yaitu klik salah satu table yang ingin kalian ingin relasikan, lalu kalian pilih seperti ini :

table relasi database
relasi table database
  • RESTRICT Merupakan perintah jika terjadi perubahan data maka di table yang terelasi akan ikut berubah juga.

Membuat Triggers pada table database

Setelah kalian membuat table-table dan merelasikan table-table tersebut sekarang kalian membuat triggers pada table yang ingin kalian lakukan triggers. Fungsi dari triggers ini adalah melakuan proses atau perintah antara table. Contoh : Jika saat ada data baru masuk pada tb_pembelian dengan syarat ada kode_barang yang terelasi, maka pada tb_barang akan mengurangi jumlah barang dengan kode yang terelasi pada tb_pembelian.

Contoh kecilnya seperti itu, bagaimana cara membuat triggers pada database ? Kalian buka tb_barang lalu kalian klik triggers pada nav pada table tersebut. setelah itu kalian bisa buat source code seperti dibawah.

UPDATE tb_barang SET tb_barang.qty = tb_barang.qty – new.qty WHERE tb_barang.kode_barang = new.kode_barang

membuat triggers database
triggers database

Jika kalian sudah buat dengan step yang sesuai yang studykuy berikan maka kalian akan bisa mengurangi data barang jika ada transaksi baru yang di buat. Maka kalian tidak harus memikirkan kembali saat membuat koding di text editor, karena kalian sudah membuat triggers di database kalian.

Oke sekian tutorial part 1 ini Membuat Website Toko Online #1 Membuat database Relasi dan Triggers ( PHP Native ) ikuti terus youtube dengan subscribe kalian mendukung studykuy.

Semoga bermanfaat untuk kalian dan bagi yang baru ingin belajar membuat website terus sengat belajarnya. Jangan menyerah jika kalian mengalami kesulitan dalam membuat koding masih banyak cara mencari jalan keluar nya Semangat Terus.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *