StudyKuy – Tutorial PHP Dan MYSQL Membuat Dashboard PHP Selamat Berjumpa lagi di blog ini belajar membuat website dari nol menjadi mahir dan siap menjadi developer handal.

Sebelumnya kita sudah membuat login dan register kali ini kita akan lanjut kembali membuat website nya dengan membuat dashboard PHP. Bagaimana cara membuat dashboard PHP ?

Setelah kalian sudah membuat tampilan awal ibaratnya pintu masuk kedalam website kalian kali ini kita akan membuat isi dari website kalian.

Di tutorial kali ini Membuat dashboard PHP saya akan memberikan informasi caranya, langsung saja.

Baca Juga : Cara membuat tabel responsive dengan datatables

Membuat layout dashboard php

Pertama dan paling utama dalam membuat dashboard kalian harus menentukan layout kalian terlebih dahulu. Agar kalian membuat website lebih terkonsep dan tidak bingung.

layout website

Membuat dashboard php

Setelah kalian membuat layout sekarang kita tinggal eksekusi membuat dashboard PHP dan menggunakan mysqli.

Kalian buat terlebih dahulu file baru dan namai dengan dashboard.php, setelah itu kalian bubuatkan kerangka nya seperti ini

Oke diatas merupakan kerangka source code nya disana ada title untuk menentukan title saat halaman website, lalu ada header sebagai kepala atau bagian atas website kalian, lalu kemudian ada <div class=”sidebar”> dan <div class=”conten”> apa fungsi div disini ?

Baca Juga : Langkah Mudah Membuat CSS Responsive

Fungsi Div pada dasarnya untuk mengelompokan elemen-elemen atau tag-tag menjadi satu grup atau bisa juga sebagai pendefinisian id atau class dari css atau sering kali programer-programer gunakan untuk membatasi bagian satu dengan yang lain.

Kurang lebih fungsi div pada suatu kodingan, dan tidak ketinggalan ada style diasana berfungsi untuk membuat tampilan website lebih menarik dan lebih indah.

Baik kita buatkan satu persatu.

Body dashboard php

Kita kupas satu persatu yah,
<?php
session_start();
if($_SESSION[‘status’]!=”login”){
header(“location:dashboard.php?pesan=belum_login”);
}
?>

Baca Juga : Cara Mudah Menampilkan Data dari Database dengan PHP


ini merupakan alert atau merupakan kunci jika kalian langsung mengakses dashboard tanpa melakukan login maka dashboard tidak akan terbuka

dashboard php

Kalian liat pada bagian yang terblok biru itulah pesan yang kita buat saat user langsung mengakses dashboard php tanpa masuk/login dahulu.

Lalu ada <?php echo $_SESSION[‘user_name’]; ?> ini berfungsi jika kita sudah melakukan login maka user yang login akan tampak jadi kita tahu siapa yang login disana.

Kemudian ada <li class=”active”><a href=”#”>Home<a/></li> ini merupakan menu dari dashboard yang kita buat saat ini, disana ada class active ini menandakan menu yang aktif di dashboard tersebut.

Style Dashboard PHP

Selanjutnya ada agar dashboard kita lebih menarik pada tampilannya kita buat style pada dasboard kita, nahh kita kan sudah membuat div atau pengelompokan maka pembuatan style nya lebih mudah.

Style disini kalian bisa gabungkan dengan dashboard atau pun bisa kalian pisahkan dan jangan lupa jika kalian pisahkan kalian harus lampirkan link nya dan buat file dengan format CSS.

Kalian sudah buatkan stylenya atau cssnya mari kita bahas satu persatu fungsinya

Background-color :

  • ini berfungsi untuk memberikan warna pada latarbelakang pada class/div.

Padding :

  • ini berfungsi untuk memberikan spasi isi didalam border. Ex : jika kalian rubah padding didalam source code diatas dengan 40px maka border/wadah/kotak biru akan membesar dan tulisan halaman dashboard akan semakin turun, pokoknya itulah kalian coba coba saja ganti nilai px nya.

Position :

  • ini berfungsi untuk menentukan tempat suatu element, nilai dari propety bisa berbentuk static, relative, abosulute, atau fixed

Text-align :

  • ini mempunyai fungsi untuk menentukan posisi text bisa kanan atau bisa kiri.

List-style :

  • ini berfungsi sebagai numberic pada html nah disini kita menggunakan none jadi tidak menggukan numbericnya

Text-decoration :

  • ini berfungsi sebagai pemberi garis pada element ada type garis pada html/css yaitu underline,line-trough dan overline.

Display :

  • yang terakhir ini berfungsi untuk mengatur tapmpilnya element pada website kita.

Itulah penjelasan singkat CSS yang harus kalian ketahui agar lebih mudah memahaminya semoga kalian dapat memahaminya.

Bagaimana kalian sudah dapat membuatnya dashboard php? apakah ada error ? semoga tidak ada yah, oke sekian Tutorial PHP Dan MYSQL Part IV: Membuat Tampilan Login Menarik Dengan CSS Dan Bootstrap , semoga bermanfaat untuk kalian selamat mencoba…


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *